Saturday, August 29, 2020

Pengertian, Manfaat, dan Langkah-langkah menggunakan Geogebra

A.    Pengertian Program Geogebra
(Sutan, 2014)
GeoGebra merupakan program komputer yang bersifat dinamis dan interaktif untuk mendukung pembelajaran dan penyelesaian persoalan matematika khususnya geometri, aljabar, dan kalkulus. Sebagai sistem geometri dinamik, konstruksi pada GeoGebra dapat dilakukan dengan titik, vektor, ruas garis, garis, irisan kerucut, fungsi. Software yang dikembangkan oleh Markus Hohenwarter dapat digunakan secara gratis oleh Anda terutama sebagai siswa, guru, atau orang tua.
Dengan beragam fasiltas yang dimiliki, GeoGebra dan Microsoft Mathematics dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran matematika untuk mendemonstrasikan atau memvisualisasikan konsep-konsep matematis serta sebagai alat bantu untuk mengkonstruksi konsep-konsep matematis. Makalah ini menyajikan uraian mengenai program GeoGebra dan Microsoft Mathematics beserta contoh-contoh penerapan GeoGebradan Microsoft Mathematics sebagai media pembelajaran matematika.

B.     Manfaat Program Geogebra
(Sutan, 2014)
Beberapa pemanfaatan program GeoGebra dalam pembelajaran matematika adalah sebagai berikut.
  • Dapat menghasilkan lukisan-lukisan geometri dengan cepat dan teliti dibandingkan dengan menggunakan pensil, penggaris, atau jangka.
  • Adanya fasilitas animasi dan gerakan-gerakan manipulasi (dragging) pada program GeoGebra  dapat memberikan pengalaman visual yang lebih jelas kepada siswa dalam memahami konsep  geometri.
  • Dapat dimanfaatkan sebagai balikan/evaluasi untuk memastikan bahwa lukisan yang telah dibuat benar.
  • Mempermudah guru/siswa untuk menyelidiki atau menunjukkan sifatsifat yang berlaku pada suatu objek geometri.
C.    Langkah-langkah menggunakan Program Geogebra dalam penerapan soal
Nilai minimum dari fungsi tujuan f(x,y) = 6x+8y pada himpunan penyelesaian pertidaksamaan linier
 x+4y ≥ 80
3x+2y ≥ 90
x≥0
y≥0
     Jawab :
     Langkah-langkah yang digunakan antara lain:
1.      Download Aplikasi geogebra di smartphone
2.      Buka aplikasi geogebra di smartphone
3.      Buat fungsi tujuan dengan mengetikkan 6x+8y

Gambar 1 4 fungsi tujuan menggunakan program geogebra

4.    Buat kendala dengan mengetik x+4y ≥803x+2y≥90 x≥0 y≥0 dalam program
Gambar 1 5 grafik fungsi menggunakan program geogebra

5.      buat garis x+4y = 80 dan 3x+2y = 90, kemudian akan muncul gambar tersebut
Gambar 1 6 grafik fungsi tujuan menggunakan program geogebra

6.    Tentukan titik-titik ekstrimnya dengan mencari titik potong menggunakan tools intersect, dengan begitu akan memudahkan mencari titik minimum yang di cari
Gambar 1 7 titik potong grafik fungsi menggunakan program geogebra

7.   Masukkan titik-titik potong yang diperoleh ke fungsi tujuan, sehingga dapat disimpulkan nilai minimumnya yaitu pada titik A yang bernilai 240
Gambar 1 8 hasil fungsi tujuan menggunakan program geogebra

Dibuat oleh: Melinda S.F.




1 comment: