GeoGebra merupakan program komputer yang bersifat dinamis dan
interaktif untuk mendukung pembelajaran dan penyelesaian persoalan matematika
khususnya geometri, aljabar, dan kalkulus. Sebagai sistem geometri dinamik,
konstruksi pada GeoGebra dapat dilakukan dengan titik, vektor, ruas garis, garis,
irisan kerucut, fungsi. Software yang dikembangkan oleh Markus Hohenwarter
dapat digunakan secara gratis oleh Anda terutama sebagai siswa, guru, atau
orang tua.
Dengan beragam fasiltas yang dimiliki, GeoGebra dan Microsoft
Mathematics dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran matematika untuk
mendemonstrasikan atau memvisualisasikan konsep-konsep matematis serta sebagai
alat bantu untuk mengkonstruksi konsep-konsep matematis. Makalah ini menyajikan
uraian mengenai program GeoGebra dan Microsoft Mathematics beserta
contoh-contoh penerapan GeoGebradan Microsoft Mathematics sebagai media
pembelajaran matematika.
B. Manfaat Program Geogebra
B. Manfaat Program Geogebra
Beberapa pemanfaatan
program GeoGebra dalam pembelajaran matematika adalah sebagai berikut.
- Dapat menghasilkan
lukisan-lukisan geometri dengan cepat dan teliti dibandingkan dengan
menggunakan pensil, penggaris, atau jangka.
- Adanya fasilitas
animasi dan gerakan-gerakan manipulasi (dragging) pada program GeoGebra dapat memberikan
pengalaman visual yang lebih jelas kepada siswa dalam memahami konsep geometri.
- Dapat dimanfaatkan
sebagai balikan/evaluasi untuk memastikan bahwa lukisan yang telah dibuat
benar.
- Mempermudah guru/siswa untuk menyelidiki atau menunjukkan sifatsifat yang berlaku pada suatu objek geometri.
Nilai minimum dari fungsi tujuan f(x,y) = 6x+8y pada himpunan
penyelesaian pertidaksamaan linier
x+4y ≥ 80
3x+2y ≥ 90
x≥0
y≥0
Jawab :
Langkah-langkah yang digunakan antara lain:
1. Download
Aplikasi geogebra di smartphone
2. Buka
aplikasi geogebra di smartphone
3. Buat
fungsi tujuan dengan mengetikkan 6x+8y
Gambar 1 4 fungsi tujuan
menggunakan program geogebra
4. Buat kendala
dengan mengetik x+4y ≥80∧3x+2y≥90 ∧ x≥0 ∧ y≥0 dalam program
Gambar 1 5 grafik fungsi
menggunakan program geogebra
5. buat
garis x+4y = 80 dan 3x+2y = 90, kemudian akan muncul gambar tersebut
Gambar 1 6 grafik fungsi
tujuan menggunakan program geogebra
6. Tentukan titik-titik ekstrimnya dengan mencari titik potong
menggunakan tools
intersect, dengan begitu akan memudahkan mencari titik minimum yang di cari
Gambar 1 7 titik potong
grafik fungsi menggunakan program geogebra
7. Masukkan titik-titik potong yang diperoleh ke fungsi tujuan,
sehingga dapat disimpulkan nilai minimumnya yaitu pada titik A yang bernilai
240
Gambar 1 8 hasil fungsi
tujuan menggunakan program geogebra
Dibuat oleh: Melinda S.F.
Sangat membantu😊😊
ReplyDelete