PENGERTIAN KOMUNITAS VIRTUAL
Secara umum arti virtual adalah “yang tidak nyata, maya. Komunitas virtual adalah kumpulan atau sekelompok orang yang muncul berdasarkan adanya kepentingan yang sama oleh berbagai pihak dan timbulnya interaksi secara berkesinambungan oleh pihak-pihak yang terlibat dalam komunitas tersebut.
Komunikasi Virtual merupakan suatu bentuk proses komunikasi yang menggunakan teknologi sebagai sarana berkomunikasi antara satu pihak kepada
pihak lain dan biasanya feedback dapat langsung diterima dengan proses
penyampaian pesan melalui ruang maya (cyberspace) yang bersifat interaktif.
Contohnya adalah seperti chating, browsing, dan email melalui
internet. Internet merupakan media komunikasi yang sangat efektif bagi umat manusia
di dunia. Layanan yang ditawarkan juga beragam. Kita dapat menikmati
fasilitas-fasilitas seperti e-mail, chatting (mIR Chat) dan web.
Komunitas Virtual
Komunitas Virtual
Komunikasi virtual atau virtual communication adalah komunikasi
(proses penyampaian dan penerimaan pesan) menggunakan (melalui) cyberspace /
ruang maya yang bersifat interaktif. Komunikasi virtual tidak dapat lepas dari
sebuah media internet yang menggunakannya sebagai alat komunikasi. Disini
terlihat adanya peralihan gaya atau
kebiasaan manusia dalam berkomunikasi menyampaikan informasi dengan
sesamanya.
Dikatakan begitu karena saat ini manusia tidak perlu lagi
berkomunikasi pada waktu, tempat yang sama. Nampaknya melalui komunikasi
virtual saat ini, hambatan – hambatan yang ada terdahulu seperti jarak, waktu,
biaya, serta kesulitan lainnya dapat teratasi. Hal ini dikarenakan internet
sebagai media komunikasi virtual tidak terbatas ruangnya sehingga masyarakat
luas dapat menyampaikan informasi kemana saja, dan ke siapa saja. Dalam
komunikasi virtual, memungkinkan seseorang berinteraksi tetapi sebenarnya
mereka tidak berada secara wujud di tempat itu.
Melakukan komunikasi menggunakan internet, dapat dibedakan menjadi
dua jenis komunikasi yaitu :
1. Asynchronous communication (komunikasi melalui media internet dengan pengirim dan penyampai pesan dalam berinteraksi tidak berada pada kedudukan tempat dan waktu yang sama, namun pesan tetap sampai pada tujuan / sasaran (penerima)),
2. Synchronous communication (komunikasi melalui internet dengan interaksi yang bersamaan waktunya).
Keberadaan internet sebagai media komunikasi membawa kemajuan yang berarti dalam era komunikasi dan informasi saat ini. Menurut jenisnya komunikasi virtual dapat dibedakan menjadi tiga model yaitu email, chatting, serta web.
1. E – mail
Kata e-mail
terdiri dari dua suku kata yaitu ‘e’ dan ‘mail’. ‘e’ berarti electronic, dan ‘mail’
berarti surat. Sehingga e-mail dapat dikatakan mengirim surat melalui media
elektronik internet. Karena pada dasarnya e-mail sama dengan surat biasa (snail
mail) yang harus melewati beberapa kantor pos sebelum sampai ke tujuannya.
Dalam hal ini e-mail termasuk jenis komunikasi asynchronous communication,
artinya pengirim pesan dan penerima pesan tidak berada pada tempat dan waktu
yang bersamaan. E-mail sendiri terdiri atas dua jenis e-mail yang didasarkan
pada keperluan atau kepentingan interaksi yang diinginkan, yaitu e-mail person
to person (poin to point) merupakan e-mail dari satu orang ke satu orang
lainnya, serta e-mail dalam bentuk kelompok (point to multi point) merupakan
e-mail dari satu orang ke sekelompok orang dan sebaliknya. Jenis yang kedua ini
disebut juga sebagai e-mail groups (e-groups ) atau mailing list.
2. Chatting
Chatting merupakan salah satu fasilitas yang diberikan internet, dimana kita dapat berkomunikasi secara interaktif dengan satu orang atau lebih secara on-line. Dalam hal ini chatting termasuk jenis komunikasi synchronous communication, artinya komunikasi melalui internet dengan interaksi yang bersamaan waktunya.
3. Web
Web dapat diartikan sebagai tempat memajang informasi secara on line & bersifat virtual (maya) yang memiliki kaitan (link) informasi tidak terbatas. Berdasarkan informasi yang disampaikan, web dapat dibedakan menjadi tiga macam :
2. Chatting
Chatting merupakan salah satu fasilitas yang diberikan internet, dimana kita dapat berkomunikasi secara interaktif dengan satu orang atau lebih secara on-line. Dalam hal ini chatting termasuk jenis komunikasi synchronous communication, artinya komunikasi melalui internet dengan interaksi yang bersamaan waktunya.
3. Web
Web dapat diartikan sebagai tempat memajang informasi secara on line & bersifat virtual (maya) yang memiliki kaitan (link) informasi tidak terbatas. Berdasarkan informasi yang disampaikan, web dapat dibedakan menjadi tiga macam :
1. Informasi umum (berita on line, info pelayanan umum dan sebagainya)
misalnya : kompas.com, liputan6.com
2. Informasi khusus (web dengan isi informasi tentang suatu lembaga, atau informasi dalam berbagai kategori)
misalnya : deplu.co.id, depkominfo.go.id
3. Informasi komersial
misalnya : kapanlagi.com
Menurut jenisnya web dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu official web (website resmi yang dimiliki oleh lembaga), dan unofficial web (web tidak resmi yang dimiliki secara personal atau perorangan, seperti “blog”)
Cara Download Anime Gampang Banget
Cara Membuat Screenshot Microsoft Word Menjadi File Gambar Menggunakan Paint
😁😁
ReplyDelete